BisMania Community adalah Komunitas Penggemar Bis Indonesia, yang
anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan mayoritas di
Pulau Jawa. Kami ini adalah masyarakat yang menjadikan bis tidak hanya
sekedar alat transportasi tetapi juga aneka kreasi dan hobby. Segala
hal yang berhubungan dengan bis kami akomodasi dalam komunitas ini
mulai dari Bis Antar kota, Bis Kota, Bis Pariwisata, Minibus hingga
teknologi dunia per-bis-an termasuk juga segala hal yang menyangkut
dunia per-bis-an.
BisMania Community memiliki anggota yang beragam dari berbagai usia
dan berbagai kalangan namun dalam satu kesatuan hati – Penggemar Bis
Indonesia.
BisMania Community tidak hanya sebagai sarana pemersatu Penggemar
bis di Indonesia tetapi juga berharap dapat berperan memberikan
sumbangsih dan peduli untuk memajukan bangsa khususnya di prasarana
transportasi sebagai penghubung antar daerah di Indonesia.
Selain itu BisMania Community berharap dapat menunjang berbagai
aktivitas bisnis dunia otomotif Indonesia, menjadi nilai tambah yang
bermafaat bagi pengusaha, konsumen, ataupun industri lain yang
berhubungan dengan dunia transportasi bis. .
VISI DAN MISI
Visi
Yang awam jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu dan yang pinter harus cari tahu yang baru tentang bis
Misi dari Bismania Community (BMC) itu sendiri adalah :
- Menghimpun, menyatukan dan mengakomodasi para penggemar bus di seluruh Indonesia dalam satu lingkup komunitas melalui berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan dunia perbisan
- Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan diantara sesama anggota BMC maupun dengan pihak diluar BMC seperti operator PO, Dinas Perhubungan, DLLAJ dan instansi-instansi terkait
- Saling berbagi ilmu dan pengalaman di bidang otomotif khususnya tentang dunia perbus-an diantara anggota BMC
- BMC merupakan wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bus di Tanah Air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya dalam BMC
- Sebagai symbol dari konsumen bus dan menjadi mediator antara konsumen dengan operator PO, demi meningkatkan pelayanan sehingga dapat memberikan dan mengajak kepada masyarakat untuk menjadikan bus sebagai pilihan transportasi yang layak digunakan
- Menjalin kerjasama yang baik dengan komunitas lain diluar Bismania Community
SEJARAH SINGKAT BISMANIA COMMUNITY
Berawal dari penuturan di sebuah blog, www.anjarpriandoyo.wordpress.com
dimana penulis menceritakan tentang complain dalam perjalanannya
menggunakan bus. Thread tersebut ternyata mengundang banyak
pengunjung, menciptakan sebuah suasana diskusi mulai dari kualitas
karoseri bus, pelayanan suatu perusahaan otobus bahkan sampai bedah
mesin. Termasuk di dalamnya Gentur, memiliki gagasan bahwa ternyata
yang memiliki kecintaan dan interest terhadap bus tidaklah sedikit,
membuatnya berfikir kenapa tidak diorganisir saja rekan-rekan tersebut
dalam satu wadah, dalam hal ini komunitas. Sehingga bisa memaksimalkan
ide, gagasan atau hobi tersebut dalam tempat tersendiri, tidak selalu
‘nebeng’ dalam blog pribadi mengingat peminat obrolan tentang bus
semakin banyak.
Disusul oleh rekan-rekan yang lain, diadakanlah beberapa kali kopi
darat. Hingga akhirnya memutuskan untuk membuat suatu komunitas bis
dengan mailing list bertitle bismania@yahoogroups.com
sebagai sarana bertukar informasi, yang juga merupakan tanda resmi
berdirinya Bismania Community, yaitu pada tanggal 3 April 2007.
Bismania Community belum memiliki struktur organisasi yang jelas.
Secara aklamasi, ditunjuklah Gentur sebagai Ketua pada waktu itu.
Dengan keberadaan member yang semakin bertambah banyak, bahkan
tersebar di berbagai daerah hingga pada masanya Bismania Community
mengadakan Jambore Nasional I (Pertama) pada 1 Juli 2007 bertempat di
Pool PO. Nusantara Kudus.
Timbulnya PT Bismania Indonesia menjadi awal kekacauan komunitas.
Berjalan beberapa bulan, beberapa founder komunitas ini kemudian
mendirikan satu badan usaha dengan nama PT Bismania Indonesia (PT
BMI), bergerak di bidang event organizer (missal jika ada pameran),
advertisement dan agency bus, dan juga Majalah Bus “Bus Magazine”
serta mendirikan website www.bismania.com
sebagai sarana penyebaran informasinya (profit oriented), sementara
tujuan dibentuknya Bismania Community di awal adalah murni komunitas
yang independen dan non profit oriented..
Pendirian badan usaha dengan bentuk PT (Perseroan Terbatas) dengan
nama yang sama dengan komunitas yakni “Bismania” disertai tanpa adanya
sosialisasi dan transparansi yang memadai kepada member komunitas
inilah yang menjadi awal terjadi kekacauan di komunitas ini. Beberapa
rekan di bismania memberi stempel sah pada PT BMI ini, sebagian lagi
berpendapat bisnis pribadi sebaiknya dilakukan di luar koridor
komunitas, penggunaan nama yang sama juga diperdebatkan karena bisa
menimbulkan konflik of interest atau benturan kepentingan di masa
mendatang yang akan menyulitkan kedua belah pihak.
Pro kontra mengenai masalah ini menimbulkan perpecahan di masa
lalu, milist bismania yang seharusnya menjadi ajang informasi, menjadi
ajang adu domba, fitnah, bertengkar yang luar biasa yang mengarah
pada terjadinya konflik. Milist yang nyaman berubah menjadi tidak
nyaman dan dibiarkan oleh sang moderator menjadi tidak terkendali, pada
saat inilah ajakan untuk berpindah ke website sebagai sarana informasi
bismania di mulai, tentunya dengan harapan menaikkan rating website
tersebut agar semakin banyak dilirik.
Konflik yang terjadi semakin meruncing hingga akhirnya, timbulah
perpecahan. Sesuatu yang harusnya tidak akan terjadi jika konflik yang
ada dikelola secara baik, apresiasi sebagian pengurus PT yang
sebagian masih muda yang masih mengedepankan emosional dan ego dalam
penyelesaian konflik semakin membuat runyam. Kebodohan dalam menyikapi
dan membaca peluang ditambah sentimental negatif kepada anggota
komunitas yang kontra dengan keberadaan BMI ini akhirnya memuncak,
pecahlah bismania, Bismania sebagai komunitas dalam bentuk Bismania
Community (BMC) dengan mailing list bismania@yahoogroups.com dan PT Bismania Indonesia (BMI) dengan senjata website www.bismania.com
Sampai suatu saat terjadi konsolidasi antara Bismania Community
dengan BMI, dengan notulen rapat yang menghasilkan kesepakatan bahwa
founder-founder tersebut menyerahkan Bismania Community untuk dikelola
dengan baik oleh rekan-rekan yang lain, sementara mereka akan tetap
konsen dengan bendera PT. Bismania Indonesia dan Bus Magazine sebagai
iconnya waktu itu, yang pada akhirnya membentuk komunitas penggemar
bis baru disamping bismania community.
Bismania Community terpecah menjadi 3 kubu :
- www.bismania.org Bismania Community (BMC) – memakai logo bismania baru
- www.bismania.com Bismania Forum (Forbiscom) – memakai logo Bismania yang lama
- www.portalbus.info terdiri dari : JakBus (Jakarta Bus Society), Bandung Bisser Community (BBC), Malang Bus Lovers (MBL), Bali Bus Maniac (BBM), TMBC (Tasik Malaya Bisser Community), KBC (Kudus Buslovers Community) dan masih banyak lagi.
Bismania Community dengan musyawarah dan mufakat, akhirnya resmi
dibentuk suatu kepengurusan secara organisasi berikut strukturnya
pada tanggal 8 Maret 2008 dengan mengusung AD dan ART sebagai
dasar-dasar aturan pergerakannya. Member hingga saat ini sudah mencapai
lebih dari 1.000 orang yang tersebar di seluruh penjuru nusantara
bahkan sampai ke luar negeri ter-wakili dalam bentuk korwil
(koordinator wilayah) yaitu Jabodetabek, Jateng I, DIY, Jawa Timur,
Sumatera, Kalimantan, Bali, Papua bahkan ada di Singapore. Semuanya
terdiri dari anggota aktif maupun pasif yang berdasarkan kategori
pekerjaan/status beragam mulai dari pelajar sampai pengusaha
sekalipun. Selain mailing list bismania@yahoogroups.com sebagai sarana komunikasinya, Bismania Community juga mempunyai website resmi di www.bismania.org (bukan www.bismania.com ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar